Analisis fungsi POAC pada perusahaan Pizza Hut

 Pizza Hut adalah sebuah chain restaurant (restorant berantai) dan waralaba (franchise) makanan internasional yang berpusat di Addison, Texas, USA. Pizza Hut menawarkan pizza dalam berbagai jenis beserta berbagai makanan yang lain yaitu pasta, iga sapi, bread stick, dan garlic bread. Perusahaan ini didirikan pada 1958 oleh dua mahasiswa, Dan dan Frank Carney di Wichita, Kansas. Dia dibeli oleh PepsiCo, Inc. pada 1977. Pizza Hut sekarang ini merupakan restoran pizza berantai terbesar di dunia, dengan hampir 34.000 restoran, kios pengantaran-ambil ke luar di lebih dari 100 negara. Pizza Hut hadir di Indonesia untuk pertama kalinya pada tahun 1984, dan merupakan restoran pizza pertama di Indonesia. Saat ini, Pizza Hut sudah dapat ditemui mudah di kota-kota besar di seluruh Indonesia.
PLANNING

Pizza Hut mempunyai beberapa konsep restoran. Mulai dari restoran yang hanya bisa makan di tempat (Dine In), yang tidak mempunyai layanan pengantaran. RBD (Restaurant Based delivery) yang menyediakan layanan pengantaran, dine in (makan di tempat) atau pun pesan ambil (carry out). Namun kebanyakan toko baru merupakan konsep DEL/CO yang menyediakan hanya layanan pengantaran (delivery)dan pesan-ambil (carry out). Dan di Indonesia sendiri kebanyakan berkonsep RBD. Di Surabaya, lokasi Pizza Hut tersebar di berbagai wilayah Surabaya. Kebanyakan dapat dijumpai di Mall – mall dan pusat perbelanjaan. Pada umunya menu di pizza hut terbagi atas 3 jenis. Appetizer, Main dishes (pizza dan non pizza), serta dessert.
·         Appetizer atau makanan pembuka
Terdapat berbagai macam jenis salad dan makanan pembuka lainnya seperti; Garlic Tomato Bruschetta, Breadstick, Chicken Wings. Dan tak lupa Garlic Bread
·         Main dishes
Pizza Hut menjual pizza dalam empat jenis ukuran, personal, small, medium, dan large. Namun, biasanya kebanyakan restoran menghilangkan jenis ukuran yang small. Ada beberapa jenis pizza Thin & Crispy Pizza, Stuffed Crust Pizza, Dippin’ Strips Pizza, The Edge Pizza, dan Pan Pizza. Dengan berbagai macam jenis topping disediakan (Pepperoni, Italian Sausage, Ham, Chicken, Red Onions, Black Olives, Green Peppers, Bacon, Mushroom, Beef, Pork, Tomatoes) dan sebagai tambahan ada pula jenis yang spesial, yaitu Meat Lovers, Pepperoni Lovers, Cheese Lovers, Veggie Lovers, Double Cheeseburger, Supreme, Super Supreme dan yang terbaru adalah Pizza Mia. Untuk main dishes selain pizza ditawarkan juga makanan lain yaitu; Pasta. Chicken Pomodoro, Fettuccine Alfredo, Chicken Fettuccine Alfredo, Meat Lasagna, Spaghetti and Meat Sauce, Spaghetti and Tomato Sauce. Di Indonesia sendiri tersedia Spaghetti dengan saus tuna dan jamur, dan menyesuaikan dengan lidah orang Indonesia yang menyukai rasa yang memiliki banyak bumbu. Karena di Indonesia makanan pokok adalah nasi tersedia juga selain spaghetti adalah nasi dengan siraman saus khusus. Seperti saus daging, saus ayam ataupun saus tuna dan jamur. Yang disesuaikan dengan lidah Indonesia.
·         Dessert
             Terdapat berbagai pilihan kue, pie dan puding. Sedangkan untuk minuman tedapat pilihan minuman bersoda (coke), berbagai jus, fruit punch, limun, syrup, teh, milk shake dan biasanya di luar negeri terdapat juga beer. Penyajian minuman selain dalam personal gelas juga ada dalam pitcher. Dalam menunya terdapat juga menu paket khusus yaitu “Sensasi Delight” yang menwarkan hidangan pizza dalam satu paket berdua atau pun berempat. Terdiri dari personal pizza, spaghetti (atau nasi), garlic bread, dan minuman (biasanya coke). Dengan harga berkisar 12 ribu-an per orang. Ada pula “Santai Sore” yang menyediakan berbagai menu dessert sebagai camilan sore. Dan di beberapa negara dengan mayoritas muslim biasanya terdapat paket All u can eat selama bulan ramadhan. Sebagai tambahan, di negara – negara muslim seperti Indonesia, Malaysia, UEA, Pakistan, Turkis, dsb. Pizza Hut telah memiliki sertifikasi halal sesuai dengan kondisi culuture setempat.
Visi dan Misi PIZZA HUT
• Visi
Menjadikan perusahaan berkembang dengan kerja keras, kerja sama antar karyawan.
• Misi
Semangat dalam bekerja agar mendapatkan hasil yang memuaskan
Melayani customer dengan baik
Menerima kritik dari customer agar perusahaan dapat menjadi lebih baik
Openmain terhadap segala hal

ORGANIZING
1.      Restaurant Manager : bertanggung jawab atas keseluruhan dari kegiatan operasional di satu restoran.
2.      Assistant Restaurant Manager : mengontrol dan juga ikut bertanggung jawab atas kegiatan operasional restoran selama jam operasional restoran
3.      Chief Leader : mengontrol kegiatan operasional tetapi hanya pada saat jam kerjanya saja.
4.      FOH (Front of House) terdiri dari 27 orang Server (Waiters) dan Cashier
Server bertugas menyambut pelanggan di pintu masuknya resto, mengarahkan pelanggan untuk memilih meja yang sesuai keinginan pelanggan, melayani pemesanan menu dari pelanggan serta kebutuhan pelanggan di masing-masing meja juga bertugas untuk mengontrol persediaan salad dan ice cream di both masing-masing.
- Cashier bertugas menghitung nominal yang harus dibayar dari menu yang pesan oleh pelanggan.
1.      BOH (Back of House) terbagi atas Chef dan Cleaning Service
·         Chef bertugas mengolah makanan yang dipesan oleh pelanggan.
·         Cleaning Service bertugas membersihkan area restoran agar selalu bersih dan semua. kegiatan yang berhubungan  dengan kebersihan mengenai restoran.
2.       Delivery :bertugas mengatarkan pesanan ke rumah pelanggan.

ACTUATING
Actuating adalah kepemimpinan bagaimana seorang pemimpin dapat mempengaruhi perilaku bawahan sehingga bawahan tersebut mau bekerjasama secara efektif untuk mencapai tujuan organisasi dalam suatu kegiatan kerja.  Jadi seorang manager hendaknya memberitahu, mengatur ,dan mengelola bawahannya dengan perilaku yang berpendidikan ,sopan ,dan ramah kepada seluruh karyawannya agar kegiatan kerja yang terjadi di restoran sudah berlaku sesuai dengan standar operasional pekerjaan yang sudah ditentukan oleh perusahaan. Di Pizza Hut sebagai seorang manajer harus memeriksa karyawan setiap waktu yang telah ditentukan. Dalam Perusahaan Pizza hut juga sudah melakukan banyak pelatihan untuk para karyawan.

CONTROLING
Manager atau assistan manager atau chief leader mengontrol karyawannya setiap 90 menit sekali dengan membawa check list yang berisi standar kerja. Dia mengontrol apakah karyawan di masing-masing section menjalankan tugasnya sesuai standar atau tidak. Waiters sendiri selalu mengontrol persediaan dan tata letak sendok salad dan ice cream setiap 10 menit sekali dan setiap 5 menit waiters menanyakan kepada customer apakah pesanan sudah lengkap dan ada pesanan yang ingin ditambahkan.
Cleaning service juga selalu membersihkan ruangan setiap 15 menit sekali.





Komentar

  1. Sangat bagus penulisannya.. mudah diingat dan dibaca ... http://umpanessence.com

    BalasHapus
  2. Sangat membantu untuk para perintis untuk mengatur karyawanya, terimakasih

    BalasHapus
  3. Terimakasih, tulisannya sangat membantu dan menjadi gambaran dari tugas saya

    BalasHapus

Posting Komentar