Analisis fungsi POAC pada perusahaan Pizza Hut
Pizza Hut adalah
sebuah chain restaurant (restorant berantai) dan waralaba (franchise) makanan
internasional yang berpusat di Addison, Texas, USA. Pizza Hut menawarkan pizza
dalam berbagai jenis beserta berbagai makanan yang lain yaitu pasta, iga sapi, bread
stick, dan garlic bread. Perusahaan ini didirikan pada 1958 oleh dua mahasiswa,
Dan dan Frank Carney di Wichita, Kansas. Dia dibeli oleh PepsiCo, Inc. pada
1977. Pizza Hut sekarang ini merupakan restoran pizza berantai terbesar di
dunia, dengan hampir 34.000 restoran, kios pengantaran-ambil ke luar di lebih
dari 100 negara. Pizza Hut hadir di Indonesia untuk pertama kalinya pada tahun
1984, dan merupakan restoran pizza pertama di Indonesia. Saat ini, Pizza Hut
sudah dapat ditemui mudah di kota-kota besar di seluruh Indonesia.
PLANNING
Pizza Hut mempunyai beberapa konsep restoran. Mulai dari restoran yang hanya bisa makan di tempat (Dine In), yang tidak mempunyai layanan pengantaran. RBD (Restaurant Based delivery) yang menyediakan layanan pengantaran, dine in (makan di tempat) atau pun pesan ambil (carry out). Namun kebanyakan toko baru merupakan konsep DEL/CO yang menyediakan hanya layanan pengantaran (delivery)dan pesan-ambil (carry out). Dan di Indonesia sendiri kebanyakan berkonsep RBD. Di Surabaya, lokasi Pizza Hut tersebar di berbagai wilayah Surabaya. Kebanyakan dapat dijumpai di Mall – mall dan pusat perbelanjaan. Pada umunya menu di pizza hut terbagi atas 3 jenis. Appetizer, Main dishes (pizza dan non pizza), serta dessert.
Pizza Hut mempunyai beberapa konsep restoran. Mulai dari restoran yang hanya bisa makan di tempat (Dine In), yang tidak mempunyai layanan pengantaran. RBD (Restaurant Based delivery) yang menyediakan layanan pengantaran, dine in (makan di tempat) atau pun pesan ambil (carry out). Namun kebanyakan toko baru merupakan konsep DEL/CO yang menyediakan hanya layanan pengantaran (delivery)dan pesan-ambil (carry out). Dan di Indonesia sendiri kebanyakan berkonsep RBD. Di Surabaya, lokasi Pizza Hut tersebar di berbagai wilayah Surabaya. Kebanyakan dapat dijumpai di Mall – mall dan pusat perbelanjaan. Pada umunya menu di pizza hut terbagi atas 3 jenis. Appetizer, Main dishes (pizza dan non pizza), serta dessert.
·
Appetizer atau
makanan pembuka
Terdapat berbagai macam
jenis salad dan makanan pembuka lainnya seperti; Garlic Tomato Bruschetta,
Breadstick, Chicken Wings. Dan tak lupa Garlic Bread
·
Main dishes
Pizza Hut menjual pizza
dalam empat jenis ukuran, personal, small, medium, dan large. Namun, biasanya
kebanyakan restoran menghilangkan jenis ukuran yang small. Ada beberapa jenis
pizza Thin & Crispy Pizza, Stuffed Crust Pizza, Dippin’ Strips Pizza, The
Edge Pizza, dan Pan Pizza. Dengan berbagai macam jenis topping disediakan
(Pepperoni, Italian Sausage, Ham, Chicken, Red Onions, Black Olives, Green
Peppers, Bacon, Mushroom, Beef, Pork, Tomatoes) dan sebagai tambahan ada pula
jenis yang spesial, yaitu Meat Lovers, Pepperoni Lovers, Cheese Lovers, Veggie
Lovers, Double Cheeseburger, Supreme, Super Supreme dan yang terbaru adalah
Pizza Mia. Untuk main dishes selain pizza ditawarkan juga makanan lain yaitu;
Pasta. Chicken Pomodoro, Fettuccine Alfredo, Chicken Fettuccine Alfredo, Meat
Lasagna, Spaghetti and Meat Sauce, Spaghetti and Tomato Sauce. Di Indonesia
sendiri tersedia Spaghetti dengan saus tuna dan jamur, dan menyesuaikan dengan
lidah orang Indonesia yang menyukai rasa yang memiliki banyak bumbu. Karena di
Indonesia makanan pokok adalah nasi tersedia juga selain spaghetti adalah nasi
dengan siraman saus khusus. Seperti saus daging, saus ayam ataupun saus tuna
dan jamur. Yang disesuaikan dengan lidah Indonesia.
·
Dessert
Terdapat
berbagai pilihan kue, pie dan puding. Sedangkan untuk minuman tedapat pilihan
minuman bersoda (coke), berbagai jus, fruit punch, limun, syrup, teh, milk
shake dan biasanya di luar negeri terdapat juga beer. Penyajian minuman selain
dalam personal gelas juga ada dalam pitcher. Dalam menunya terdapat juga menu
paket khusus yaitu “Sensasi Delight” yang menwarkan hidangan pizza dalam satu
paket berdua atau pun berempat. Terdiri dari personal pizza, spaghetti (atau
nasi), garlic bread, dan minuman (biasanya coke). Dengan harga berkisar 12
ribu-an per orang. Ada pula “Santai Sore” yang menyediakan berbagai menu
dessert sebagai camilan sore. Dan di beberapa negara dengan mayoritas muslim
biasanya terdapat paket All u can eat selama bulan ramadhan. Sebagai tambahan,
di negara – negara muslim seperti Indonesia, Malaysia, UEA, Pakistan, Turkis,
dsb. Pizza Hut telah memiliki sertifikasi halal sesuai dengan kondisi culuture
setempat.
Visi
dan Misi PIZZA HUT
• Visi
Menjadikan perusahaan berkembang dengan kerja keras, kerja sama antar karyawan.
• Misi
• Visi
Menjadikan perusahaan berkembang dengan kerja keras, kerja sama antar karyawan.
• Misi
Semangat
dalam bekerja agar mendapatkan hasil yang memuaskan
Melayani customer dengan baik
Menerima kritik dari customer agar perusahaan dapat menjadi lebih baik
Openmain terhadap segala hal
Melayani customer dengan baik
Menerima kritik dari customer agar perusahaan dapat menjadi lebih baik
Openmain terhadap segala hal
ORGANIZING
1. Restaurant
Manager : bertanggung jawab atas keseluruhan dari kegiatan operasional di satu
restoran.
2. Assistant
Restaurant Manager : mengontrol dan juga ikut bertanggung jawab atas kegiatan
operasional restoran selama jam operasional restoran
3. Chief
Leader : mengontrol kegiatan operasional tetapi hanya pada saat jam kerjanya
saja.
4. FOH
(Front of House) terdiri dari 27 orang Server (Waiters) dan Cashier
Server bertugas menyambut pelanggan di pintu masuknya
resto, mengarahkan pelanggan untuk memilih meja yang sesuai keinginan
pelanggan, melayani pemesanan menu dari pelanggan serta kebutuhan pelanggan di
masing-masing meja juga bertugas untuk mengontrol persediaan salad dan ice
cream di both masing-masing.
- Cashier bertugas menghitung nominal yang harus dibayar dari menu yang pesan oleh pelanggan.
- Cashier bertugas menghitung nominal yang harus dibayar dari menu yang pesan oleh pelanggan.
1. BOH
(Back of House) terbagi atas Chef dan Cleaning Service
·
Chef bertugas mengolah makanan yang
dipesan oleh pelanggan.
·
Cleaning Service bertugas membersihkan
area restoran agar selalu bersih dan semua. kegiatan yang berhubungan
dengan kebersihan mengenai restoran.
2. Delivery :bertugas mengatarkan pesanan ke
rumah pelanggan.
ACTUATING
Actuating adalah kepemimpinan bagaimana seorang pemimpin dapat mempengaruhi perilaku bawahan sehingga bawahan tersebut mau bekerjasama secara efektif untuk mencapai tujuan organisasi dalam suatu kegiatan kerja. Jadi seorang manager hendaknya memberitahu, mengatur ,dan mengelola bawahannya dengan perilaku yang berpendidikan ,sopan ,dan ramah kepada seluruh karyawannya agar kegiatan kerja yang terjadi di restoran sudah berlaku sesuai dengan standar operasional pekerjaan yang sudah ditentukan oleh perusahaan. Di Pizza Hut sebagai seorang manajer harus memeriksa karyawan setiap waktu yang telah ditentukan. Dalam Perusahaan Pizza hut juga sudah melakukan banyak pelatihan untuk para karyawan.
CONTROLING
Manager atau assistan manager atau chief leader mengontrol karyawannya setiap 90 menit sekali dengan membawa check list yang berisi standar kerja. Dia mengontrol apakah karyawan di masing-masing section menjalankan tugasnya sesuai standar atau tidak. Waiters sendiri selalu mengontrol persediaan dan tata letak sendok salad dan ice cream setiap 10 menit sekali dan setiap 5 menit waiters menanyakan kepada customer apakah pesanan sudah lengkap dan ada pesanan yang ingin ditambahkan.
Cleaning service juga selalu membersihkan ruangan setiap 15 menit sekali.
Actuating adalah kepemimpinan bagaimana seorang pemimpin dapat mempengaruhi perilaku bawahan sehingga bawahan tersebut mau bekerjasama secara efektif untuk mencapai tujuan organisasi dalam suatu kegiatan kerja. Jadi seorang manager hendaknya memberitahu, mengatur ,dan mengelola bawahannya dengan perilaku yang berpendidikan ,sopan ,dan ramah kepada seluruh karyawannya agar kegiatan kerja yang terjadi di restoran sudah berlaku sesuai dengan standar operasional pekerjaan yang sudah ditentukan oleh perusahaan. Di Pizza Hut sebagai seorang manajer harus memeriksa karyawan setiap waktu yang telah ditentukan. Dalam Perusahaan Pizza hut juga sudah melakukan banyak pelatihan untuk para karyawan.
CONTROLING
Manager atau assistan manager atau chief leader mengontrol karyawannya setiap 90 menit sekali dengan membawa check list yang berisi standar kerja. Dia mengontrol apakah karyawan di masing-masing section menjalankan tugasnya sesuai standar atau tidak. Waiters sendiri selalu mengontrol persediaan dan tata letak sendok salad dan ice cream setiap 10 menit sekali dan setiap 5 menit waiters menanyakan kepada customer apakah pesanan sudah lengkap dan ada pesanan yang ingin ditambahkan.
Cleaning service juga selalu membersihkan ruangan setiap 15 menit sekali.
Sangat bagus penulisannya.. mudah diingat dan dibaca ... http://umpanessence.com
BalasHapusSangat membantu untuk para perintis untuk mengatur karyawanya, terimakasih
BalasHapusTerimakasih, tulisannya sangat membantu dan menjadi gambaran dari tugas saya
BalasHapus